Sebenarnya pilihan lokasi server ada banyak, ada di Amerika, Tokyo, London, dll. Namun yang paling bikin orang Indonesia bingung adalah 2 lokasi server yang akan saya bahas kali ini, yaitu antara Server Singapur VS Server Indonesia. Kenapa? karena selain server dalam negeri sendiri ada pilihan server luar negeri yang posisinya tidak jauh dari Indonesia yaitu Singapur.

Setiap kali saya mau pesan hosting/VPS (Virtual Private Server) saya sering bingung mau pilih server di Indonesia atau Singapur. Karena ini menyangkut kualitas dari server itu sendiri, harus saya akui bahwa server yang berlokasi di Singapur itu kualitasnya sangat baik. Namun, bagaimanapun juga server singapur masih memiliki kekurangan.

Disini saya akan coba bahas perbandingan kecepatan server singapur vs server indonesia.

Server Indonesia

Salah satu kelebihan server Indonesia yang tidak dimiliki oleh server luar negeri manapun adalah kecapatan akses kalau diakses dari Indonesia sendiri.

Ya ini ibarat kita akses dari jaringan dalam negeri, jelas lebih cepat. Dan poin lebihnya lagi jika mamakai server Indonesia jelas akan mendukung produk lokal.

Namun kelemahannya adalah jika diakses dari luar negeri ini sangat lambat sekali.

Baca Juga: Domain Resmi Indonesia (.id) Kegunaan dan Syarat Pengajuannya

Mungkin itu alasan mobile legends tidak menempatkan server asia mereka di Indonesia padahal pemain Indonesia buanyak. Karena jika diakses pemain dari luar Indonesia maka akan ngelag :(.

Server Singapur

Server Singapur lokasinya tidak jauh dari Indonesia, secara gitu negara tetangga jadi jika diakses dari Indonesia masih cukup lancar.

Lebih lagi jika diakses dari luar negeri juga lancar server Singapur ini, tidak selambat server Indonesia. Kelebihan lain server singapur adalah downtimenya jarang, artinya jarang terjadi server down kalaupun down penanganannya sangat cepat.

Server Indonesia VS Server Singapur (Lokasi Tes: Indonesia)

Perbandingan ini imbang, harga sewanya sama dan dari penyedia jasa yang sama yaitu Domainesia. Artinya ini adalah perbandingan server dengan harga yang sama namun beda tempat, satunya di singapur dan satunya lagi di Indonesia.

Bisa dilihat bagian time nya, semakin kecil time artinya semakin cepat. Kesimpulan hasilnya adalah sebagai berikut,

Akses dari Indonesia
Server Indonesia mendapat skor waktu rata-rata= 17ms
Server Singapur mendapat skor waktu rata-rata= 36ms

Server Indonesia VS Server Singapur (Lokasi Tes: Amerika)

Ini saya tes tidak sebatas beda negara, tapi beda benua. Saya menggunakan VPN yang saya arahkan ke Amerika. Dan inilah hasil ping dari jaringan Amerika ke server Indonesia dan Singapur.

ID VS SG-AMERIKA

Akses dari Amerika
Server Indonesia mendapat skor waktu rata-rata= 497ms
Server Singapur mendapat skor waktu rata-rata= 375ms

Kelihatan beda pingnya bisa 100ms++, meski kedua server menunjukan waktu respond yang besar karena ini beda benua.

Harusnya saya akses pake jaringan china/jepang/india mungkin server Singapur tidak sampai diatas 100ms. Namun terkendala VPN laptop saya terbatas hanya ke Amerika jadi ya mohon maaf, namun over all hasilnya sudah menujukan kesimpulan yang jelas.

Penutup

Pengalaman saya pribadi, salah satu faktor yang di jadikan acuan untuk menentukan lokasi server adalah target pasar/pengunjung itu orang mana?

Ya kalau pengunjung murni dari Indonesia semua maka jelas pilih server yang berlokasi di Indonesia adalah pilihan tepat.

Dan jika target pengunjung campuran artinya selain dari Indonesia juga dari luar negeri maka saya akan lebih menyarankan untuk memilih server berlokasi di Singapur.

Saya sendiri pernah pakai server Indonesia untuk beberapa website yang memang targetnya khusus orang indonesia. Namun ada juga yang servernya saya taro di Singapur. Seperti rizkixs.com yang saat ini anda akses lokasi servernya ada di Singapur.

Rekomendasi Penyedia Jasa Hosting

Saya ada rekomendasi penyedia jasa hosting yang sudah terkenal dikalangan developer Indonesia. Yaitu Niagahoster

Hosting Unlimited Indonesia

Jika anda berniat memesan hosting saya sangat menyarankan di Niagahost karena performanya sangat baik sekali.

Saya bisa berikan anda kode kupon untuk potongan harga 50rb-100rb, lumayan menghemat biaya.

Masukan saja kode kupon: a-RIZKIXS

Sekian, terimakasih semoga bermanfaat.


Komentar