Pagi-pagi tadi saya ngopi sambil nyantai tiba-tiba dapat email masuk dari Google Adsense yang menyatakan bahwa saya diterima menjadi publishernya.

Kaget sekaligus bangga ternyata blog saya, yang saat tulisan ini diterbitkan umurnya belum genap satu bulan tapi bisa diterima oleh Google Adsense dengan cepat.

Kenapa bisa seperti itu? tentu bukan abakadabra, semua ada prosesnya. Meskipun saya tidak mengira akan secepat ini. Dari awal saya memang sudah persiapkan blog ini untuk bertarung dg blog lain, salah satunya lewat jalan Google Adsense.

Google Adsense punya syarat yang ketat untuk menyeleksi publishernya, apalagi blog tingkat kesulitannya jauh lebih sulit dari pada Adsense untuk Youtube atau aplikasi di Playstore.

Apa saja yang saya persiapkan untuk daftar Google Adsense? mari langsung kita bahas.

Konten Orisinil

Ini syarat wajib, dan jangan anggap remeh Google soal urusan konten orisinil. Google adalah rajanya mesin pencari, dia sudah meng crawl jutaan website diseluruh dunia. Google tau semua isinya dan punya algoritma sendiri untuk menentukan ini hasil copy paste atau asli.

Konten yang saya sediakan di blog ini semuanya orisinil tulisan saya sendiri bukan copas dari blog lain. Tulisan juga saya buat serapi mungkin dengan menggunakan bahasa yang baku, agar ketika ada orang luar akses blog ini dia bisa mendapat hasil terjemahan yang akurat.

Kecuali konten Lirik Lagu karena lirik per lagu itu sama semua. Masa saya harus tulis lirik lagu versi saya sendiri kan gk mungkin. Tapi untuk menutupi kekurangan itu saya kasih terjemahan bahasa Indonesia untuk setiap lirik luar negeri dan itu terjemahan yang saya edit sendiri bukan versi mesin. Lalu untuk menghormati penciptanya saya juga menempatkan link musik mereka dari Youtube. Pembaca juga dimudahkan bisa lihat lirik+denger lagunya langsung disitu.

Soal konten lirik ini awalnya saya juga ragu karena melihat ToS Goolge Ads. Tapi setelah saya tanya di forum-forum jawaban mereka bilang bahwa ini sah di Google Adsense untuk blog.

Melakukan Search Engine Optimization (SEO)

Apa itu search engine optimization (SEO)? singkatnya ini adalah tehnik untuk membuat sebuah artikel berada di halaman awal mesin pencari seperti Google.

Untuk membuat halaman kita disukai Google itu tidak mudah, ada tehnik namanya SEO. Dan ini banyak sekali aturan-aturan yang harus kita ikuti, sifatnya rekomendasi saja bisa kita ikuti bisa tidak. Tapi yang jelas ini berdampak pada situs kita di mata Google.

Salah satu aturan SEO adalah,

  • Link konten harus manusiawi (contoh: https://rizkixs.com/android/lima-aplikasi-android-meningkatkan-produktifitas/)
  • Judul menembak satu topik utama
  • Judul harus menggunakan Tag H1, sub judul H2, dst.
  • Konten menyertakan foto minimal 1
  • Panjang setiap paragraf harus dibawah 150 kata
  • Menyediakan navigasi untuk pengguna
  • dll.

Sebenarnya masih banyak lagi namun jika saya bahas disini bisa jadi artikel baru. Silahkan anda mencari tentang tehnik SEO ini jika tertarik ada banyak website tentang tehnik SEO di internet.

Disini saya tidak terlalu ambil pusing ikuti semua aturannya, yang saya ambil inti dari SEO ini adalah untuk membuat konten kita menjadi enak dipandang dan dibaca oleh pengguna. Serta situs kita juga menjadi profesinonal dan mudah dipahami oleh pengguna. Dan Google Adsense suka website yang pengaturan SEO nya bagus.

Mengikuti ToS (Term of Service) Google Adsense

Sebelum bekerjasama dengan google tentu ada syarat dan ketentuan yang harus diikuti, dan ini semua tertuang di Persyaratan Kelayakan Adsense.

Syarat ini macam-macam, tentunya anda bisa baca lengkapnya dilink yang saya lampirkan diatas, namun secara ringkas adalah

  • Anda harus berumur diatas 18th
  • Konten bukan sesuatu yang memiliki hak cipta
  • Konten bukan tentang pornografi, tutorial hacking, narkoba, rokok, alkohol, Penjualan atau distribusi tugas atau makalah kuliah
  • Konten bukan sesuai yang mengerikan
  • Jika target pengunjung anda dibawah umur maka anda wajib memberi tahu Google
  • dll

Lalu anda juga harus memiliki minimal 4 halaman dibawah

Google merasa perlu berkontribusi untuk mengaja keamanan pengguna dalam hal hukum. Silahkan baca 4 halaman milik rizkiXS.com tersebut untuk riferensi anda.

Syarat-Syarat Penunjang Lain

Ada beberapa syarat yang tidak dijelaskan oleh Google Adsense namun sebaiknya ini Anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan diterima.

Google suka sama website yang profesional, untuk itu anda bisa sewa domain dan hosting sendiri. Dan domain anda harus ltd (.com .id .net, dll), ini domain premium yang berbayar bukan gratisan.

Selama ini belum ada satupun domain/hosting gratisan yang disukai Google. Karena ini biasanya menyakut performa dan keamanan. Setidaknya anda menggunakan salah satu domain yang saya sebutkan diatas dan yang kemungkinan diterimanya paling besar adalah .com.

Dan penunjang lain yang terpenting adalah anda harus suka bloging, karena jika anda tidak menyukai apapun pekerjaan anda itu, anda tidak akan bisa menghasilkan karya yang terbaik. Dan adsense akan susah masuk jika konten anda tidak niat.

Pertanyaan Umum

Apa harus menulis setiap hari?

Tidak harus, yang paling penting adalah tulisan anda berkualitas.

Berapa minimal tulisan artikel?

Saat saya daftar adsense ini tulisan saya ada 11 artikel, itu saja nekat-nekatan saya coba bertarung. Kalau saran sih minimal 20 artikel.

Berapa lama umur blog/website?

Ya minimal 2 minggu lah, jangan baru bikin langsung daftar. Google bisa bilang “Becanda ini anak”

Berapa lama untuk menunggu di Approve?

Paling cepat satu hari, namun bisa lebih. Malah ada yang sampe 1 bulan.

Berapa prosentase sebuah situs di terima Google Adsense?

Menurut info yang saya dapat dari forum-forum ads hanya 10% yang diterima dari seluruh website yang mengajukan pendaftaran di Google Adsense

Apakah langsung diterima?

Tidak, untuk menerima/tidak Google menggunakan tenaga manusia, mangkanya butuh waktu agak lama dan agak sulit untuk diterima. Bahkan ada yang sampe coba daftar berkali-kali namun masih ditolak.

Besar mana Adsense Blog dan Youtube?

Untuk sekarang masih besar blog, karena blog anda bikin dari awal sendiri pake biaya sendiri. Kalau youtube anda numpang di server dan platform milik Youtube. Jelas pembagian komisi akan beda.

Kenapa belum memasang iklan?

Saat artikel ini ditulis anda belum melihat iklan sama sekali disini karena saya belum memasang iklannya, meskipun saya sudah diterima Google Adsense. Alasannya karena saya masih akan mempelajari cara menampilkan iklan yang baik sesuai aturan Google Adsense. Ini penting supaya tidak menggangu pengguna/pembaca.

Apa Alasan saya Daftar Google Adsense?

Jika anda baca artikel saya tentang Berapa Pengahasilan Youtuber dari Google Adsense? maka anda akan tahu bahwa penghasilan dari Google Adsense tidaklah seberapa.

Memang tidak bisa disamakan Adsense Blog dan Youtube, tp intinya sama yaitu jangan berharap pada adsense saja.

Saya punya alasan pribadi kenapa daftar Google Adsense, yang follow IG saya pasti sudah tahu duluan.

Yaitu karena saya ingin ini jadi motivasi pribadi saja, artinya jika saya diterima oleh Google Adsense brarti konten saya memang berkualitas dan bisa bermanfaat untuk pembaca nantinya.

Dan secara tidak langsung akan mensupport saya dalam menulis artikel kedepannya.

Jika soal hasilnya, saya sama sekali tidak terlalu berharap banyak. Malahan target saya hasil dari Adsense dalam setahun cukup untuk perpanjang blog ini ditahun depannya saja sudah syukur.


Komentar