Akhir-akhir ini youtube sedang ramai-ramainya diakses banyak orang, seiring itupula banyak youtuber-youtuber baru bermunculan.

Saya yakin banyak diantara anda yang menanyakan berapa gaji seorang youtuber per bulan? Ya pertanyaan ini bisa muncul mungkin dipicu Atta Halilintar, Jess No Limit, Dilan Pros dsb.

Benar? jika iya mari kita lihat berapa gaji mereka dari GA (Google Adsense).

Apa itu Google Adsense?

Ini adalah layanan penyedia iklan dari perusahaan raksasa Google yang paling banyak digunakan oleh youtuber. Karena paling gampang untuk memasang iklan jenis ini.

Minimal ada 2 islitah yang anda harus ketahui dari GA ini,

CPM (Cost per Mille) adalah bayaran per 1000 view. CPM youtube Indonesia biasanya berkisar di 4000 – 7500 rupiah (per 1000 tayangan). Apa beda CPM youtube Indonesia dengan luar, Amerika contohnya? jelas beda, CPM tiap negara berbeda-beda. CPM luar seperti Amerika bisa 3x lipat lebih dari CPM Indonesia.

CPC (Cost per Click) adalah bayaran per klik iklan, dan ini sangat bervariasi tergantung itu iklan apa. Mangkanya biasanya di kalangan youtuber ada istilah iklan premium, karena bayaran per kliknya gede. Untuk nilai CPC itu yang tahu hanya pihak youtube dan pengiklan.

Ok dari sini anda tahu kan iklan itu dibayarkan dari ketika iklan itu tampilan (CPM) dan iklan itu diklik (CPC).

Berapa Rata-Rata Penghasilan dari Youtube Indonesia?

Sesuai yang saya jelaskan diatas bahwa ada dua jenis bayaran iklan GA kepada youtuber. Di bagain ini saya akan bahas totalnya dari 2 istilah diatas, jadi analoginya jika ada 1000 view itu sudah termasuk didalamnya CPM dan CPC.

Ada banyak rumor diluar sana bahwa bayaran tiap 1000 view youtube adalah $1 USD/Rp 14.500. Kalau untuk Youtuber luar itu sangat mungkin, tapi jangan harap untuk Youtuber Indonesia. Pada kenyataannya rata-rata setiap pendapatan per 1000 view ada dikisaran Rp. 4350 – Rp.11.000. Jika dirata-rata kisaran Rp. 8.000.

Bagimana jika anda punya 1.000.000 view jika dilihat dari rata-rata maka yang bisa anda dapatkan berkisar Rp. 8.000.000 an bisa naik bisa turun. Gk bisa dipastikan kalau iklan GA itu, hanya bisa dirata-rata karena perilaku viewer juga sangat mempengaruhi, ada yang suka skip-skip video, skip-skip iklan, bahkan yang tidak pernah klik iklan (jenis viewer ini paling banyak).

Bagaimana agar bisa mendapatkan Google Adsense yang maksimal?

Ada islitah satu lagi disini namanya Ninche, singkatnya ini adalah nilai dari isi konten anda.

Google sangat memperhatikan iklan mereka mau ditayangkan dikonten yang seperti apa, agar sesuai dengan target dan pengiklan puas dengan jasa GA.

Analoginya gini dah jika anda punya channel youtube yang kontennya banyak kata kasar kira-kira iklan premium mau masuk gk di konten anda?

Itulah tugas Google Andsense yang terpenting, menyaring iklan mana yang cocok ditampilkan di konten mana.

Jadi jika ingin mendapat hasil GA yang maksimal anda harus buat konten yang benar-benar berkualitas.

Jangan Pernah bergantung pada Google Andsense

Ini paling banyak dibincangan di forum ads, bahkan mereka para publisher GA pun merekomendasikan jangan bergantung pada GA saja. Ada banyak tehnik untuk dapat uang dari youtube, hanya saja disini GA yang paling mudah. Namun dibalik kemudahannya siapa sangka ternyata iklan GA termasuk jenis periklanan yang nilainya paling rendah.

Ada banyak cara lain untuk dapat uang dari youtube, bisa dengan kerja sama dengan perusahaan lain untuk iklanin produk mereka, bisa juga dengan afilasi, bahkan bisa bikin produk sendiri. Yang tentunya justru cara-cara itu yang jauh lebih efektif untuk mencari pendapatan dari pada berharap banyak pada Google Adsense.

Kesimpulan

Saya yakin pasti anda pernah berfikir punya channel youtube dengan subcriber banyak, terus tinggal tiduran dikamar sambil edit video saja maka uang akan mengalir dengan derasnya?

Jika anda berfikir seperti itu segeralah buang pikiran itu karena kenyataannya tak semudah itu.

Disini saya bukan bermaksud membunuh mimpi anda untuk jadi youtuber, tapi saya hanya ingin berbagi. Supaya kedepan jika anda sudah mencoba jalan didunia Google Adsense anda tidak kaget dengan hasilnya.

Karena banyak diluar sana orang yang main Google Adsense tujuan awalnya hanya untuk mencari penghasilan saja bukan hobi, dan pada akhirnya mereka menyerah dengan cepat karena tidak sesuai ekspetasi.

Terakhir untuk penutup dari saya,

Anda boleh bermimpi besar, tapi jangan berharap besar.


Komentar