Sebelumnya saya telah menulis artikel Cara Instal CodeIgniter di Xampp, nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk melakukan pengaturan awal pada CodeIgniter.

Ada bebera hal yang harus disetting sebelum codeIgniter siap digunakan, setting ini bersifat standart, langsung saja.

1. Config.php

Pada file ini yang harus anda rubah adalah base_url() nya, apa gunanya base_url()? gunanya adalah untuk menginisialisasi domain/alamat utama dari project anda. Contohnya base url ini adalah https://rizkixs.com (jika online) atau http://localhost/belajar-ci (jika offline).

Ini sangat berguna, karena memudahkan pemanggilan alamat domain dan jika ada perubahan pada domain cukup rubah saja base_url() maka keseluruhan halaman akan langsung mengikuti perubahan tersebut.

Misal jika anda membuat project dilocalhost yang domain awalnya adalah http://localhost/belajar-ci kemudian anda onlinekan dengan domain http://webanda.com maka cukup rubah base_url() maka menu yang awalnya http://localhost/belajar-ci/tentang-saya akan otomatis berubah mengikuti base url menjadi http://webanda.com/tentang-saya.

Lokasi base_url ini ada didalam folder application/config/config.php

Standartnya settingan ini masih kosong, jadi isilah dengan lokasi dimana website anda berada. Lokasi websitenya loh ya bukan lokasi folder, cara lihatnya adalah buka web anda melalui bowser dan copy paste linknya taro di base_url.

Contoh di artikel Cara Instal CodeIgniter di Xampp, base url saya adalah http://localhost/belajar-ci/. Untuk sisanya biarkan saja, jangan dirubah.

2. Autoload.php

Pada file ini yang harus anda rubah adalah bagian helper. Fungsi dari autoload ini adalah untuk meload function-function secara otomatis ketika website pertama kali dijalankan. Jadi tidak perlu inisialisasi lagi di controller/model/view nya, tinggal panggil saja dimana saja dan kapan saja.

File ini ada di application/config/autoload.php

Cari line itu dan tambahkan url pada helpernya, jadi settingnya akan begini $autoload['helper'] = array('url');.

Tujuan dari dilakukannya setting ini adalah agar anda bisa memanggil base_url() disemua halaman tanpa perlu menginisailisasinya lagi.

3. Tambahkan file .htaccess

Ini opsional, tapi sangat disarankan jika ingin mendapatkan url yang clean. Bawaan CodeIgniter dibelakang base url ada tambahan index.php, diawal saya contohkan base url nya adalah http://localhost/belajar-ci/ jika anda ingin mengakses halaman lain maka setelah base url itu anda harus menambahkan index.php jadinya http://localhost/belajar-ci/index.php/halaman-lain.

Ini tentu menjadikan url kita tidak clean dan tidak disukai oleh mesin pencari seperti google. Cara menghilangkan index.php ini adalah dengan menambahkan file .htaccess dibawah ini,

RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Simpan file tersebut dengan nama .htaccess dan letakan pada directory dimana anda meletakan file CodeIgniternya.

Nah sampai disini codeIgniter anda telah siap digunakan, ini adalah cara saya setting awal codeingiter ketika mau bikin project baru. Terimakasih, semoga bermanfaat.


Komentar