Jika ada yang bilang bahwa smartphone ibarat pisau bermata dua, saya setuju sekali. Karena jika digunakan dengan baik smartphone bisa sangat membantu kita tapi jika tidak maka smartphone bisa membunuh produktifitas kita.

Kali ini saya akan coba berbagi 5 aplikasi smartphone android yang bisa membantu meningkatkan produktifitas,

1. Forest Stay Focused

Ingin bermain sambil meningkatkan produktifitas? saya rasa aplikasi inilah yang paling cocok. Konsep aplikasi ini adalah menanam pohon untuk setiap pekerjaan yang anda lakukan. Dimana setiap satu pohon akan mewakili satu pekerjaan anda, hebatnya lagi pohon-pohon yang telah anda tanam akan dikumpulkan hingga menjadi hutan.

Aplikasi ini akan meminta anda untuk mengatur waktu kerja (30 menit, 1 jam, dsb) dan anda disuruh pilih pohon mana yang akan anda tanam. Setelah anda mulai, maka hitungan mundur berdasarkan waktu yang telah anda atur akan berjalan. Saat itu pula pohon akan tumbuh dari bibit hingga berbuah.

Selama hitungan mundur berjalan, apabila anda mencoba membuka game, sosial media, dan sejenisnya akan muncul peringatan dari aplikasi ini bahwa pohon anda masih tumbuh, anda perlu membunuh pohon anda sendiri jika ingin membuka aplikasi-aplikasi tersebut dengan menekan tombol give up/menyerah. Tapi ingat, saat anda menyerah pohon akan kering dan mati, dan pohon kering itu akan muncul juga dihutan anda.

Selama hitungan mundur berlajan anda juga akan diputarkan musik alam seperti burung, air mengalir, suara pohon bergesekan karena angin, dll. Yang pasti musik ini menenangkan dan dapat membantu anda lebih fokus lagi.

Setiap tugas yang anda buat dan selesaikan sendiri akan mendapatkan point, dimana poin ini dapat anda gunakan untuk membeli jenis pohon lain sehingga dapat menambah variasi tanaman dihutan milik anda. Dan hebatnya lagi jika anda membeli versi VIP nya developer aplikasi ini akan menanam pohon sesunggunya untuk anda di Afrika sana.

2. ColorNote Catatan Notepad Note

color-note

Yang suka bikin catatan sticky note di laptop/PC dan mau coba di smartphone aplikasi ini akan cocok. Aplikasi yang ringan, tidak sampe 1Mb namun sangat bermanfaat.

Anda bisa membuat catatan dengan background warna-warni yang tentunya ini akan membantu anda fokus. Catatan yang telah dibuat bisa di sematkan di layar depan sebagai widget (persis seperti di PC) atau di status bar untuk pengingat.

Jika anda punya catatan pribadi dan tidak ingin orang lain melihatnya anda bisa kunci dengan aplikasi ini.

3. Any.do: Daftar Tugas, Kalender, Pengingat dan Tugas

Padatnya kegiatan sering memuat kita gampang lupa, dan kita perlu untuk diingatkan. Any.do memberikan solusi untuk itu, anda dapat membuat jadwal sebanyak apapun dan mengelompokannya. Ada bisa buat jadwal kerja, meeting, periksa, belanja, bayar tagihan, dll.

Anda bisa mengatur mau berulang tiap hari, tiap minggu, tiap bulan, tiap tahun atau tidak beruang sama sekali. Anda juga dapat memberi perioritas kegiatan dan sub tugas.

Any.do bisa diakses dari manapun seperti laptop/PC, smart watch, smartphone, dan tablet. Hebatnya lagi anda bisa berbagi pengingat dengan teman/keluarga anda.

Any.do akan mengingatkan dengan sebuah notifikasi jika ada kegiatan yang perlu anda kerjaan hari ini, dan anda bisa menundanya jika diperlukan yang kemudian any.do akan mengingatkan anda lagi.

4. Adobe Scan: PDF & Business Card Sanner with OCR

Siapa disini yang suka foto-foto dokumen pakai kamera bawaan? tinggal kan cara promitif itu! karena sekarang ada Adobe Scan Pdf.

Aplikasi ini bisa menscan dokumen dengan sangat baik layaknya scanner sungguhan dan hasilnya pun langsung berupa pdf. Dengan menggunakan kamera bawaan kamu bisa menscan dokumen-dokumenmu dan mengaturanya agar presisi.

Bagi kamu yang sering foto-foto dokumen seperti KTP, KK, STNK, dsb. Ini akan jadi aplikasi yang wajib ada di smartphone mu.

5. Midly (mind mapping)

Untuk memudahkan berfikir dalam sebuah pekerjaan anda perlu mind map agar semua pekerjaan anda terkonsep dengan rapi. Apalagi jika anda adalah seorang pemikir visual.

Mindly adalah aplikasi untuk membuat mind map sederhana yang mudah dipahami. Anda bisa mulai membuat kerangka dari yang paling umum hinga sub-sub sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menambahkan icon, gambar dan link didalamnya.

Pembuatan kata dalam aplikasi ini akan melatih anda untuk berfikir lebih struktural. Untuk bahan presentasi juga bisa karena hasil mind map dapat di ekspor dalam bentuk pdf dengan gambar penuh atau bisa juga dishare kesasama pengguna midly.


4 Komentar

Komentar