Sudah dua kali ini saya menulis tentang API WhatsApp, tidak akan ada bosannya membahas WhatsApp karena ini adalah messenger terbesar yang penggunanya hampir mencapai 2 Milliar.

Artikel ini saya tulis salah satunya adalah untuk mendukung program yang saya buat, yaitu Generator Api WhatsApp.

Mungkin banyak yang berfikiran buat apa aplikasi itu? disini saya akan coba jelaskan kegunaan dari aplikasi yang saya buat tersebut dan mungkin ini bisa bermanfaat untuk anda kedepan.

1. Share Event/Pengumuman

Kadang kita sering menemui sebuah berita kehilangan di WhatsApp yang disitu tertera nomer orang yang kehilangan.

Ada juga berita tentang sebuah event yang akan diselenggarakan dan disitu tertera CP (Contact Person) yang bisa dihubungi + format pesannya jika ingin ikut atau sekedar bertanya-tanya.

Saya ambil contoh dua kasus diatas, ini akan mempersulit orang yang mau menghubungi karena diharuskan save nomer yang tertera dahulu baru bisa dichat.

Dengan API dari WhatsApp orang tidak perlu lagi menyimpan nomer-nomer penting tersebut dan tidak perlu mengetik format pesan yang ribet. Cukup dengan 1 tombol maka pesan siap dikirimkan, jauh lebih cepat dan simpel.

Cukup gunakan program Generator Api WhatsApp masukan nomer yang dituju dan format pesannya maka akan menghasilkan sebuah link yang jika diklik akan langsung membuka whatsApp dan mengarah ke nomer yang dituju dg pesan yang sudah ditentukan.

2. Pasang QR Code di Pamlet/Browsur/dll

Jaman semakin berkembang, tehnologi seperti QR Code semakin banyak digunakan dalam berbagai keperluan. Anda pasti sering melihat QR Code ini terpampang dimana-mana.

Program Generator Api WhatsApp sudah mendukung pembuatan QR Code yang bisa anda simpan dan pasang ditempat yang anda inginkan.

Dimana nanti orang bisa menscan QR Code anda dan akan langsung diarahkan ke nomer whatsApp milik anda.

3. Pasang di IG

Saya iseng coba pasang link API WhatsApp sederhana di IG saya, bagian pengaturan > situs. Dan ketika saya klik ternyata bisa mengarah langsung ke WhatsApp saya.

Ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang buka online shop dan butuh kecepatan respond dalam menangani pelanggannya.

4. Tombol Pada Website

Ini untuk developer aplikasi yang ingin memasang tombol pesan whatsApp pada aplikasinya. Bisa pesan barang, share artikel, atau hanya sekedar pesan untuk keperluan support pelanggan tergantung kebutuhannya.

Banyak sekali orang yang memasang tombol pesan via whatsApp pada website mereka, karena kemudahannya. Tidak perlu diduduk didepan komputer terus sambil menunggu pertanyaan atau pesanan dari pelanggan seperti cara lama.

Bisa di tinggal beraktifitas yang lainnya ketika nanti ada pelanggan yang bertanya atau mau pesan maka otomatis akan masuk notif pesan ke WhatsApp pemilik dan bisa dilayani saat itu juga melalui smartphone.

Kesimpulan

Bagaimana? sangat bermanfaat bukan API WhatsApp ini untuk berbagai keperluan. API ini gratis dan legal jadi tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Kedepannya program Generator Api WhatsApp akan saya kembangkan lagi agar lebih baik, seperti menambah fitur short URL agar link API nya jadi lebih simpel.

Anda juga bisa berkreasi dengan API WhatsApp ini untuk mendukung bisnis anda. Jika anda punya ide lain yang bagus terkait API WhatsApp ini silahkan tuangkan dikomentar dan mari kita diskusi.


Komentar