Dijaman sekarang game mobile sangat diminati oleh orang-orang. Lihat saja sampai game-game PC membuat versi game mobilenya. Salah satunya ada Seal, Point Blank, Call of Duty, PUBG, Fortnite, dll ini adalah game yang dulunya versi PC saja.

Setiap game memiliki ganre nya masing-masing. Ada banyak ganre game sebenarnya namun kali ini saya akan bahas hanya yang paling diminati. Apa saja genre game itu? lansung saja kita bahasa,

1. FPS (First Person Shooter)

Jenis game ini biasanya adalah game tembak-tembakan dan yang kelihatan hanya senjatanya saja. Sesuai namanya game ini adalah game yang menempatkan pemain pada sudut pandang orang pertama pada karakter game, jadi seperti benar-benar menjadi karakter tersebut.

Game yang menganut genre ini salah satunya adalah point blank mobile, counter strike mobile. Jadi jika main game tembak-tembakan dan yang kelihatan hanya senjatanya saja sudah dapat dipastikan itu masuk genre FPS.

2. Moba (Multiplayer Online Battle Arena)

Game jenis ini awal dipopulerkan oleh Warcraft pada game versi PC nya. Kemudian pada awal 2015-2016 an game genre ini mulai masuk ke perangkat mobile.

Konsep game ini adalah dimana pemain dibuatkan sebuah tim yang tim nya terdiri dari beberapa orang, kemudian diharuskan melawan tim lain dalam satu arena. Hanya terdapat 1 tim vs 1 tim dalam satu arena, dan tim yang dapat menhancurkan tower lawan paling cepat dia yang akan menjadi pemenang.

Game jenis ini salah satu contohnya adalah Mobile Legends dan Arena of Valor.

3. Battle Royal

Battle Royal, sesuai namanya dapat diartikan sebuah pertarungan yang megah. Sejumlah pemain dalam jumlah besar akan diturunkan dalam satu map dan disuruh bertarung dimap tersebut. Pemain yang dapat bertahan hingga akhir atau dalam kata lain hingga tinggal tersisa 1 orang/1tim saja maka dialah yang akan jadi pemenang.

Itulah sebabnya biasanya spesifikasi yang diperlukan untuk bermain jenis game ini terbilang berat. Karena dalam satu map bisa terdiri dari 100 pemain.

Game yang menganut genre ini salah satunya adalah PUBGM dan Fortnite Mobile.

4. Strategy

Sesuai namanya permain jenis ini biasanya membutuhkan pikiran dan imajinasi yang cukup tinggi. Karena pemain diharuskan mengelola desa desa/kota/negara mereka sendiri sehingga bisa menjadi yang paling kuat dan bagus.

Permainan jenis ini biasanya tidak terlalu berfokus ke pertarungan, jadi jangan harap grafik yang disajikan dalam pertarungannya bagus. Melainkan berfokus pada mencari resource sebanyak-banyaknya untuk mengembangkan desa/kota/negara mereka.

Game jenis ini contohnya ada Coc, Last shelter, City Mania, dll.

5. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game)

Hampir sama dengan RPG, namun bedanya MMORPG ini dapat dipastikan online. Digame jenis ini anda diharuskan kerjasama dengan pemain lain, karena setiap pertama kali anda bikin karakter anda diharuskan memilih tipe profesi apa yang anda ambil.

Bisa saja anda jadi archer, temen anda ada yang jadi warrior, mage, spesialis dll tergantung role yang disediakan. Dan karakter itulah yang anda gunakan dari level 1 hingga level nya mentok.

Konsepnya biasanya open world, artinya ini adalah petualangan yang mapnya sangat luas dan anda bisa kemanapun yang anda mau. Namun jeleknya biasanya game ini pay to win, jika anda tidak modal uang jangan harap anda bisa menjadi MVP.

Kesimpulan

Setiap game pasti memiliki genre utama, dan itu hanya satu. Namun ada beberapa game yang coba melebarkan sayap mengadopsi genre lain didalam game mereka.

Alhasil di Mobile Legend yang sejatinya moba ada fitur tambahan yaitu Survival yang itu jelas konsepnya adalah Battle Royal. Di PUBG pun ada yang namanya pilihan FPS yg kelihatan senjatanya saja. Namun meskipun begitu sejatinya mereka hanya punya satu genre utama.


Komentar